Pengertian Edukasi, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Edukasi

Pengertian Edukasi – Istilah edukasi sering di temui dalam keseharian kita. Edukasi merupakan hal penting yang harus di terima manusia. Istilah ini juga di kenal sebagai pendidikan dalam bahasa Indonesia.

Sebenernya apa sih, pengertian dan tujuan serta macam macam edukasi? Dalam artikel ini. saya akan membahas secara lengkap.

Pengertian Edukasi

Dilansir situs Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma), edukasi menurut KBBI adalah pendidikan. Edukasi adalah segala keadaan, hal, peristiwa, kejadian, atau tentang suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia. Edukasi di lakukan melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Sementara itu, para ahli juga merumuskan definisi edukasi. Berikut ulasannya mengutip situs Dinas Pendidikan Kota Jambi.

1. Ahmad D Marimba

Menurut Marimba, edukasi adalah suatu bimbingan yang di lakukan secara sadar oleh pihak pendidikan untuk perkembangan baik jasmani maupun rohani supaya menjadi lebih baik.

2. MH Langeveld

Langeveld menilai edukasi adalah upaya manusia yang lebih dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Melalui edukasi, anak anak di tolong untuk melaksanakan tugas tugas hidup agar menjadi mandiri dan bertanggung jawab secara asusila.

3. Driyakara

Sedangkan Driyakara mendefinisikan edukasi sebagai usaha dalam memberikan pegangan atau pedoman kepada manusia. Upaya edukasi di lakukan untuk mengangkat orang muda agar lebih insani dan menyesuaikan peranannya.

Baca Juga : https://kopetnews.id/wanita-tewas-di-bakar-di-batam-identitas-pelaku-hingga-motif/

Tujuan dan Manfaat Edukasi

Tujuan edukasi atau pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan suatu kaum. Mengutip situs Kepegawaian Universitas Medan Area, tujuan edukasi atau pendidikan nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia menjadi insan yang bermain serta berbudi pekerti luhur.

Edukasi memungkinkan seseorang mempunyai pengetahuan umum dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang matang, mandiri, serta mempunyai rasa tanggung jawab dan berbangsa dan bernegara.

Berangkat dari fungsi tersebut, edukasi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seseorang secara individu maupun untuk masyarakat. Berikut manfaat edukasi mengutip situs University of the People : the Education Revolution.

1. Kesempatan Mengembangkan Diri

Edukasi memungkinkan seseorang memiliki koneksi sosial yang lebih luas, sehingga bisa menemukan berbagai kesempatan untuk menjadikan hidupnya lebih baik

2. Memperluas Koneksi Sosial

Edukasi memungkinkan seseorang memiliki koneksi sosial yang lebih luas, sehingga bisa menemukan berbagai kesempatan untuk menjadikan hidupnya lebih baik.

3. Memperbaiki Kondisi Ekonomi

Edukasi memungkinkan seseorang atau suatu kelompok terbebas dari lingkaran kemiskinan. Sebab, orang yang mendapatkan edukasi yang baik mampu memikirkan cara agar kualitas hidupnya dan orang orang di sekitarnya lebih baik.

4. Memiliki Gaya Hidup Sehat

Seseorang dengan gaya edukasi yang baik memiliki pemahaman lebih tentang gaya hidup yang sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat tersebut, seseorang bisa terhindar penyakit berbahaya

5. Mengerjakan Passion atau Minat

Seseorang umumnya memiliki passion atau minat terhadap suatu hal. Edukasi memungkinkan seseorang mengerjakan passion atau minatnya tersebut dan mengembangkan diri.